Saturday 19 March 2011

Kebijakan Fiskal

Soal-soal UPKP V tentang Kebijakan Fiskal

Kegiatan Belajar 3
1. Apa yang dimaksud kebijakan fiskal dan jelaskan kaitannya dengan kerangka ekonomi
makro!
2. Jelaskan proses penyusunan dan penetapan pengelolaan kebijakan fiskal dan kerangka
ekonomi makro!

Jawaban:

1. Kebijakan Fiskal adalah perubahan yang disengaja dalam pengeluaran/belanja pemerintah dan/atau penerimaan/pendapatan pemerintah untuk mencapai tujuan ekonomi nasional seperti penurunan tingkat pengangguran, stabilitas harga, pertumbuhan ekonomi atau perbaikan neraca pembayaran.
Keterkaitannya dengan Kerangka Ekonomi Makro :
Dalam perekonomian yang berlandaskan ekonomi pasar, kebijakan fiskal tidak dapat ditetapkan tanpa koordinasi dan sinkronisasi dengan berbagai aspek dalam perekonomian, yaitu kebijakan fiskal, kebijakan perdagangan dan kebijakan investasi. Oleh karena itu, pengelolaan kebijakan fiskal tidak berdiri sendiri tetapi harus berkaitan dan selaras dengan kebijakan-kebikakan lainnya dalam kerangka ekonomi makro.

2. Proses Penyusunan dan Penetapan Pengelolaan Kebijakan Fiskal dan Kerangka Ekonomi Makro :
Departemen Keuangan dengan mempertimbangkan pendapat dan masukan dari departemen/lembaga lain dengan kebijakan ekonomi, menyusun pokok kebijakan fiskal dan kerangka ekonomi makro berdasarkan target fiskal yang tercantum dalam kerangka pengeluaran jangka menengah, untuk disampaikan kepada DPR dan dibahas sebagai acuan dalam penyusunan RAPBN tahun anggaran berikutnya.

No comments:

Post a Comment